Tipe Merger dan Akuisisi


Dilihat dari dampak yang ditimbulkan terhadap struktur pasar, terdapat tiga jenis integrasi dalam merger dan akuisisi, yaitu secara horizontal, vertikal, dan diversifikasi.

Merger dan Akuisisi Horizontal

Merger dan akuisisi horizontal adalah penggabungan perusahaan yang kemungkinan saling bersaing dalam satu industri yang sama, dimana salah satu perusahaan berperan sebagai pengakuisisi.

Merger dan Akuisisi Vertikal

Merger dan akuisisi vertikal adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih yang memiliki hubungan industri hulu dan hilir, dalam rantai produksi atau pemasaran. Misalnya, perusahaan manufaktur membeli perusahaan ritel atau perusahaan pemasok bahan bakunya.

Ada dua jenis dalam integrasi vertical:

  • Forward vertical integration dilakukan dengan perusahaan hilir, yang berperan sebagai produsen atau jaringan distribusi.

  • Backward vertical integration dilakukan dengan perusahaan hulu, yang berperan sebagai pemasok bahan baku.

Merger dan akuisisi Diversifikasi

Merger dan Akuisisi diversifikasi adalah mengakuisisi perusahaan yang tidak memiliki hubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Tujuannya adalah mengejar pertumbuhan di luar industri utamanya.

Untuk pembahasan lengkapnya Anda bisa baca di buku “M&A Playbook – Penjelasan Lengkap Merger dan Akuisisi”, dengan penulis Jeami Gumilarsjah, ST, MBA, CMAP, CMA&I; dan penerbit PPM Publishing.

Informasi Executive Training

Merger & Acquisition ?

Klik Disini

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

© 2020 by Bhivestama